Kontrasepsi Alami

Kontrasepsi Alami

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara melakukan kontrasepsi alami. Kalau kita membahas tentang kontrasepsi tentunya hal ini tidak lepas dari program pemerintah yaitu KB ( keluarga berencana), dimana pemerintah Indonesia mencanangkan program kelahiran anak yaitu 2 orang anak cukup. Untuk mewujudkan program itu salah satu caranya bisa dengan menggunakan kontrasepsi alami.

Kontrasepsi Alami


Kontrasepsi merupakan suatu usaha untuk mencegah kehamilan, hal ini bisa bersifat sementara maupun permanen. Secara umum, dalam rangka program kontrasepsi alami kita mengenal istilah metode kalender, metode suhu basal dan senggama terputus. Sekarang kita akan bahas satu persatu.

  1. Metode Kalender : disini seorang wanita harus mengetahui masa ovulasi, biasanya ovulasi terjadi pada  hari ke 14 sebelum haid yang akan datang, tetapi bisa juga terjadi pada hari ke 12 dan hari ke 16 sebelum haid. Maka ke 5 hari itu adalah hari yang tidak boleh melakukan hubungan sexual.
  2. Metode Suhu Basal : untuk melakukan metode ini harus menggunakan termometer khusus dan dicatat pada suatu grafik tertentu, intnya pada saat ovulasi maka terjadi kenaikan suhu basal karena progesteron meningkat. Peningkatan suhu berkisar 0,3 - 0,5 derajat celcius.
  3. Senggama terputus : metode ini termask metode yang tradisional, yaitu seorang pria mengeluarkan alat kelaminnya dari vagina sebelum terjadi ejakulasi. Metode ini menuntut seorang suami berkomitmen saat melakukan hubungan sexual dengan istrinya. Kelebihan metode ini tidak memerlkan biaya, tidak menggangu produksi ASI dan sangat efektif jika dilakukan secara benar.
Demikian atikel tentang cara kontrasepsi alami, semoga memberi sedikit pengetahuan kepada para pembaca sekalian dan bermanfaat. Disarankan dalam menggunakan kontrasepsi alami tidak berpatokan pada satu metode saja, melainkan mengkombinasikan diantara metode di atas. Terima kasih.






0 Response to "Kontrasepsi Alami"

Posting Komentar