Nyeri Haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Untuk kaum wanita, menstruasi atau haid adalah sesuatu yang umum, setiapp bulan pasti mengalami. Namun rasanya kadang-kadang tidak sama. Ada yang merasa nyeri haid biasa, ada pula yang merasakan nyeri haid sangat hebat sampai-sampai rasanya bisa jungkir balik. Bagi orang yang sehat tidaklah merasakan sakit, tetapi dilain pihak ada kelainan.

Nyeri Haid


Di dalam dunia kedokteran nyeri haid ini disebut dengan disminnorea yang artinya nyeri haid yang begitu hebatnya, terjadi menjelang atau saat haid sampai penderita tidak bisa melakkan aktifitas dan harus di buat istirahat atau tidur.

Penyebab dari disminnorea sangatlah berfariasi dan hingga saat ini sering kali hanya berupa faktor resiko dan dugaan saja, bukan penyebab yang pasti. Faktor lainnya yang bisa memperburuk nyeri haid atau disminnorea adalah rahim yang menghadap ke belakang ( retroversi ), kurang berolah raga, dan stress. 

Klasifikasi Disminnorea

Disminnorea dapat digolongkan berdasarkan jenis nyeri dan ada tidaknya kelainan yang dapat diamati.

Berdasarkan jenis nyeri
  • Desminore spasmodik
  • Desminore kongestif
Berdasarkan ada tidaknya kelainan
  • Desmonore primer
  • Desminore sekunder

Mekanisme Nyeri Haid

Nyeri haid berpangkal pada mulainya proses menstruasi itu sendiri yang merangsang otot - otot rahim untuk berkontraksi. Nyeri tersebut tidak hanya terasa di rahim, namun juga terasa di bagian tubuh yang lain yang mendapatkan persyarafan yang sama dengan rahim. Disminore primer biasanya terjadi usia yang lebih muda, timbul setelah terjadinya siklus haid yang teratur, sering pada nulipara, nyeri sering terasa sebagai kejang uterus, dan spesifik, nyeri timbul mendahului haid dan meningkat pada hari pertama atau kedua haid.

Nyeri haid primer timbul sejak haid pertama, dan kan pulih sendiri dengan berjalanya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah atau melahirkan. Nyeri haid sekunder biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit yang datang kemudian.

Untuk mengatasi masalah seperti di atas, disini kita akan  membagikan resep obat alami mengatasi nyeri haid yang mengganggu, caranya :

  • ambilah sepotong gambir, 2 potong sebesar kelingking kunir, 3 lembar daun sirih
  • kunir ditumbuk halus, demikian juga gambir yang telah terrcampur menjadi satu
  • beri sedikit air, 2 atau 3 sendok makan aduklah sampai rata
  • peraslah dengan menggunakan sehelai kain halus
  • ambil sari air ramuan tersebut
  • peraslah kuat-kuat dan minum air sari air tadi
  • seketika rasa sakit pada perut akan hilang dan menstruasi akan lancar, dimana darah tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Jika 2 hari sebelum masanya haid tiba, dan anda sudah meminum sari air ramuan tadi, maka haid atau menstruasi berlangsung lancar tanpa gangguan.
Demikian ulasan tentang cara mengatasi nyeri haid dengan menggunkan obat alami, semoga nyeri haid anda bisa teratasi.

Baca juga artikel lain tentang cara mengatasi darah tinggi.


0 Response to "Nyeri Haid"

Posting Komentar