Menyembuhkan Diare

Menyembuhkan Diare Secara Alami

Selamat pagi semuanya, pada artikel kita kali ini akan membahas tentang penyakit diare dan cara menyembuhkan diare secara alami. Penyakit ini banyak orang mengangap sepele, tetapi untuk kalangan bayi dan anak-anak diare merupakan penyakit yang bisa mengancam jiwa karena dehidrasi atau kekeurangan cairan tubuh akibat pengeluaran yang berlebih.

Menyembuhkan Diare


Diare adalah buang air besar ( defekasi ) dengan juumlah tinja yang lebih banyak dari biasanya ( normal 100 - 200 ml per jam tinja ), dengan tinja berbentuuk cairan atau setengah cairan, dapat pula sisertai frekuensi defekasi yang meningkat.

Menurut WHO ( 1980) diare adalah buang air besar encer atau cair lebih dari tiga kali sehari.

Secara umum diare di bagi 2 :
  1. Diare akut   : diare yang awalnya mendadak, dan berlangsung singkat dalam beberapa jam sampai 7 atau 14 hari. Infeksi merupakan penyebab utama diare akut, baik oleh bakteri, parasit maupun virus. Penyebab lain yang dapat menimbulkan diare akut adalah toksin dan obat. 
  2. Diare kronik : diare yang berlangsung lebih dari tiga minggu. Ketentuan ini berlaku bagi orang dewasa, sedangkan pada bayi dan anak ditetapkan batas waktu 2 minggu. Diare kronik memiliki penyebab yang bervariasi dan tidak seluruhnya diketahui.
Manifestasi Klinis Diare

Pasien dengan diare akut akibat infeksi sering mengalami nausea, muntah, nyeri perut sampai kejang perut, demam, dan diare. Kekurangan cairan akan meyebabkan pasien merasa haus, lidah kering, tulang pipi menonjol, turgor kulit menurun, serta suara menjadi serak.

Obat Alami Diare

Untuk menyembuhkan diare seperti yang telah diulas diatas tadi, ada terapi alami untuk bisa menyembuhkan  penyakit diare yaitu dengan menggunakan daun jambu biji. Caranya, ambillah daun jambu biji yang masih muda kurang lebih 10 lembar, ditumbuk halus, beri air masak dan sedikit garam. Kemudian peras dan saringlah, minum 1-2 kali sehari satu cangkir. Demikian artikel ini tentang menyembuhkan diare, semoga bermanfaat dan diare anda bisa sembuh dengan segera.

Baca juga artikel tentang cara alami mengatasi maag.

0 Response to "Menyembuhkan Diare"

Posting Komentar